Fakta Mengenai Garuda Wisnu Kencana

Fakta Mengenai Garuda Wisnu Kencana

Fakta Mengenai Garuda Wisnu Kencana – setelah 28 tahun di bangun dan mengalami beberapa perubahan, akhirnya pembangunan patung garuda wisnu kencana akhirnya selesai juga. Ikon terbaru dari pulau dewata ini pun di resmikan langsung oleh pembuatnya sendiri yaitu I nyoman Nuarta pada awal agustus 2018. Resminya berita ini di dapat ketika modul terakhir dari patung garuda wisnu kencana di pasang.

Dengan hasilnya, akhirnya penantian dari nyoman selama 28 tahun ini resmi berakhir juga. Yang menarik dari garuda wisnu kencana ini adalah ketika pembangunan nya tidak melibatkan satupun pihak asing, jadi bisa di katakana bahwa patung garuda wisnu kencana adalah 100% karya anak bangsa.

Ada banyak sekali fakta fakta menarik dari patung garuda wisnu kencana yang menyangkut dengan pembangunannya, nah apa saja sih fakta fakta menarik dari patung garuda wisnu kencana ini? Nah simak beberapa diantaranya di bawah ini.

DCIM\100MEDIA\DJI_0002.JPG

TERHAMBAT KRISMON (Krisis Moneter)

Fakta Mengenai Garuda Wisnu Kencana yang pertama adalah, Inisiasi pembangunan patung GWK sudah ada sejak tahun 80-an akhir. Pada Kala itu, I Nyoman Nuarta dan Menteri Pariwisata, Joop Ave yang menjadi pengagas patung garuda wisnu kencana. Dengan menggunakan lahan seluas 67 hektar, proyek ini baru mendapat persetujuan dari Presiden Soeharto pada 1993. Peletakan batunya pun hadir pada empat tahun kemudian di Bukit Ungasan, Jimbaran sebelum terhenti karena krisis moneter.

MENGGUNAKAN TEMBAGA 3.000 TON

Fakta Mengenai Garuda Wisnu Kencana yang sangat luar biasa adalah, Dalam masa pengerjaannya, I Nyoman Nuarta menggunakan bahan bahan tembaga dan kuningan kuningan dengan total berat 3.000 ton. Materialnya pun di impor dari berbagai negara di Eropa, Jepang hingga Amerika Latin.

TOTAL MODUL 300 TRUK

Untuk membangun patung Garuda Wisnu Kencana, I Nyoman Nuarta harus terlebih dahulu menyusun modulnya di studio seni miliknya di Bandung. Nah, ketika sudah selesai, modul tersebut diantar ke Bali dengan menggunakan truk. Totalnya ada 754 modul yang sukses dipasang dengan baik. Jika di hitung – hitung, kepingan patung GWK jumlah totalnya nya mencapai hingga 300 truk.

KEAMANAN NOMOR SATU

I Nyoman Nuarta mengerahkan seniman sejumlah 120 orang di dalam usaha pembangunan patung GWK. Yang menarik dari itu adalah, meski harus memakan waktu hingga 28 tahun, termasuk empat tahun pengerjaan aktifnya, tidak ada kecelakaan sama sekali yang terjadi selama pembangunannya. “Zero accident, literally zero accident” ujar Nyoman yang dilansir oleh Kompas.com.

LEBIH TINGGI DARI PATUNG LIBERTY

Selain menjadi ikon Bali, patung Garuda Wisnu Kencana pun mengukir rekor tersendiri. Dengan ketinggian yang mencapai 121 meter, GWK mengalahkan tinggi dari patung Liberty di Amerika Serikat yang hanya memiliki tinggi 93 meter. Fakta Mengenai Garuda Wisnu Kencana yang ini memang sudah di akui dunia.

HADIAH UNTUK INDONESIA

Sejak awal, Nyoman Nuarta punya tujuan yang sangat mulia. Ia bekerja keras mengejar deadline pembangunan gwk agar dapat memberikan kado kemerdekaan Indonesia yang ke-73. Nyoman Nuarta pun menargetkan supaya GWK dapat diluncurkan secara resmi pada hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2018.

TAHAN ANGIN KENCANG

Dengan ketinggian mencapai 121 meter, patung GWK di klaim mampu menahan angina yang sangat kencang. Bahkan, I Nyoman Nuarta telah memprediksi bahwa patung ini hanya akan hancur jika di terjang angin dengan kecepatan 250 knot. Dan kecepatan rata – rata angin yang berhembus di kawasan tersebut hanya berkisar 10-13 knot saja.

MENGHABISKAN RP 1,3 TRILIUN

Untuk membangun patung semegah gwk ini, Nyoman Nuarta menggandeng PT Alam Sutera Realty Tbk sebagai investor. Total dana yang di gunakan hampir mencapai Rp1,3 triliun yang di habiskan untuk menyelesaikan patung ini. Dana tersebut kebanyakan digunakan untuk mengumpulkan berbagai material penting yang di gunakan sebagai bahan bahan pembuatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *